Selasa, 17 Desember 2019

FILSAFAT ILMU Marsigit Annisa Nur Arifah 3

TUGAS AKHIR PERKULIAHAN FILSAFAT ILMU
DOSEN: Prof. Dr. Marsigit, M.A
Oleh: Annisa Nur Arifah NIM: 18709251058

IDENTIFIKASI PERSOALAN PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
   A.    Calon Judul Tesis
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Setting Strategi IMPROVE Berorientasi pada Kemampuan Representasi dan Kemampuan Critical Thinking Siswa SMP Kelas VII
   B.     Rumusan Masalah
1.      Bagaimana tingkat kevalidan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) dengan setting strategi IMPROVE berorientasi pada kemampuan representasi dan kemampuan critical thinking siswa SMP kelas VII?
2.      Bagaimana tingkat kepraktisan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) dengan setting strategi IMPROVE berorientasi pada kemampuan representasi dan kemampuan critical thinking siswa SMP kelas VII?
3.      Bagaimana tingkat keefektifan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) dengan setting strategi IMPROVE berorientasi pada kemampuan representasi dan kemampuan critical thinking siswa SMP kelas VII?

   C.    Metodologi
Penelitian ini merupakan penelitian dengan bentuk penelitian pengembangan (Research and Development), yaitu suatu penelitian yang dilakukan dengan tujuan menghasilkan sebuah perangkat pembelajaran. Hasil dari penelitian ini berupa produk perangkat pembelajaran berbasis pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) dengan setting strategi IMPROVE yang meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Perangkat tersebut akan dinilai kualitasnya berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan ditinjau dari kemampuan representasi dan kemampuan critical thinking.
Model penelitian yang digunakan adalah model ADDIE. Tahapan dalam model penelitian ADDIE menurut Branch (2009:1) terdiri dari analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation).



2 komentar: